Oleh: rinaindriyani | 6 112008pUTC11bUTCMon, 10 Nov 2008 19:36:45 +0000 2008

Solusi praktis menembus pasar dunia

Solusi praktis menembus pasar dunia

Setelah melakukan research kurang lebih 2-3 bulan terakhir, akhirnya dinemukan jawaban bagaimana cara efektif dan efisien untuk menembus pasar dunia dengan modal terbatas ( Baca : UKM ).

Tingkat kesulitan dalam memasarkan produk bagi pemula sangatlah dirasakan. Selain biaya yang tidak murah, tehnik tehnik pemasaran online adalah hal yang baru dan mungkin mereka dapat sama sekali. Sepertinya, dengan banyaknya event event yang bertemakan ’sukses memasarkan produk ke luar negeri’ belum mampu menjawab tantangan diatas.

Contoh tantangan yang harus dipecahkan 1 :
Berdasarkan pengalaman, ketika customer luar negeri akan melakukan order, mereka akan akan membeli sample produk terlebih dahulu. Tapi bagaimana mungkin, biaya pengiriman sering kali jauh lebih mahal dari produk tersebut.

Contoh tantangan yang harus dipecahkan 2 :
Hampir mustahil bagi pengusaha produk retail di Indonesia untuk melakukan expansi market ke luar negeri dengan media internet, mengingat perbandingan biaya pengiriman yang tidak masuk akal untuk mengasilkan konversi ( biaya pengiriman produk ke washington DC atau ke hamburg berkisar antara 1500 – 3000 USD per 14′fit kontainer )

Contoh tantangan yang harus dipecahkan 3 :
Lama waktu pengiriman juga menjadi tantangan bagi pengusaha UKM di Indonesia. Memang dapat diakui, UKM di Indonesia mempunyai satu keunggulan , biaya produksi mereka jauh dibawah produk produk eropa dan north america, tapi hal itu akan sia sia ketika kita kalah dalam masalah waktu pengiriman untuk produk produk fast market ( Lama pengiriman 2 – 5 minggu )

Masih banyak sekali tantangan yang harus dipecahkan, selain adanya biaya yang tinggi untuk melakukan marketing online, seperti biaya service SE0, paid inlcusion, sign up di directory bisnis, mail marketing, maintaince website dll dll…

Mengapa anda tidak memanfaatkan network marketing dan social shopping ?
Ya, benar sekali. Jika anda jeli , anda dapat memanfaatkan pihak ketiga. Silahkan baca skema solusi untuk ekspor ke luar negeri di bawah ini :

1. Kumpulkan beberapa pengusaha pengusah kecil menengah dengan produk dan kualitas siap eksport
2. Buatkan sebuah web ring  atau beberapa website untuk mendisplay produk mereka ( untuk konsep website terserah, bisa online store, online katalog, company profile , sesuaikan dengan produk mereka )
3. Daftarkan website tersebut ke beberapa network marketing terbesar di internet sebagai advertiser( contoh network marketing : cj , pepperjam, hidra, buy, alibaba ). Cari network dengan initial deposit yang paling terjangkau ( survey kami : banyak network marketing besar , namun biaya deposit berkisa antara 500 USD )
4. Setelah produk terkumpul, kirimkan produk2 secara bersamaan ( biaya pengiriman akan sangat terpotong )
5. Cari layanan warehouse rent di daerah tujuan

Apa yang terpecahkan
1. Biaya pengiriman
Jelas sekali, biaya pengiriman sangat terpangkas karena produk dikirim secara marathon dengan biaya ditanggung bersama

2. Kecepatan pengiriman
Jelas sekali, karena produk sudah berada di warehouse negeri seberang. Banyak sekali jasa warehouse  dengan layanan lengkap dan biaya terjangkau di sana. ( Catatan : Ketika mengirim barang sudah dalam bentuk packing siap kirim untuk produk retail )

3. Biaya marketing tinggi
Jelas sekali, mereka tidak perlu lagi repot repot marketing, tinggal mensetup biaya komisi yang menggairahkan. Setiap  network marketing dan social shopping dihuni oleh ratusan ribu publisher dan affilite yang sangat haus dengan komisi penjualan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: